banner here

Pembahasan Soal PPPK (Teori Belajar)

advertise here

1. Dalam proses belajar ganjaran atau penguatan mempunyai peranan yang amat penting. Ganjaran merupakan respon yang sifatnya menggembirakan sedangkan penguatan merupakan sesuatu yang mengakibatkan meningkatnya kemungkinan suatu respon. Pernyataan berikut merupakan teori belajar dari ....

A.    Skinner

B.     Vygotsky

C.     Thorndike

D.    Bandura

Jawaban : A

2. Dalam suatu proses pembelajaran, terdapat peserta didik yang tidak bisa mengerjakan soal matematika. Kemudian gurunya, membantu dengan memberikan rumus kepada peserta didik tersebut. Selang beberapa waktu, peserta didik tersebut bertanya lagi karena kesusahan dalam menggunakan rumus yang diberikan gurunya. Kemudian gurunya, memberikan contoh dengan menggunakan demonstrasi soal yang lain. Peserta didik tersebut paham dan bisa mengerjakan soal matematika yang diberikan. Langkah yang dilakukan oleh guru merupakan konsep teori belajar menurut ....

A.    Skinner

B.     Vygotsky

C.     Thorndike

D.    Bandura

Jawaban : B

3. Berikut ini konsep teori belajar menurut Bandura, kecuali ....

A.    Eciprocal determinism

B.     Self-regulation/cognition

C.     Beyond reinforcement

D.    Zone of proximal development

Jawaban : D

4. Saat jam pelajaran akan selesai, Bu Nurul memberikan tugas kepada Hikmah berupa mengerjakan latihan di LKS. Aksi yang dilakukan oleh Bu Nurul merupakan teori belajar menurut ....

A.    Skinner

B.     Vygotsky

C.     Thorndike

D.    Bandura

Jawaban : C

5. Seorang individu akan menggunakan pengetahuan sikap dan pengalaman pribadi yang telah dimiliki, untuk membantu memahami masalah atau materi baru melalui proses mental. Pernyataan ini merupakan teori belajar ....

A.    Sibernetik

B.     Humanistik

C.     Behoviorisme

D.    Kognitivisme

Jawaban : D

6. Berikut ini merupakan tokoh teori belajar kognitif yaitu ....

A.    Vygotsky, Ausubel, Bandura

B.     Ausubel, Piaget, Bruner

C.     Burner, Ausubel, Thorndike

D.    Vygotsky, Van Hiele, Skinner

Jawaban : B

7. Pembelajaran yang bermakna mendorong peserta didik untuk lebih ....

A.    Memahami

B.     Mandiri

C.     Menghargai

D.    Terampil

Jawaban : A

8. Aurel sedang mendeskripsikan bangun datar persegi panjang. Dalam mendeskripsikan persegi panjang Aurel menyebutkan bahwa “pada bangun datar segi empat sisi-sisi yang berhadapan sejajar, dan sisi-sisi yang berhadapan itu sama panjang”. Tahapan yang dilakukan Aurel merupakan tahap pemahaman geometri tahap ....

A.    Visualisasi

B.     Deskriptif

C.     Deduksi informal

D.    Deduksi

Jawaban : C

9. Berikut ini merupakan tahap perkembangan kognitif menurut Jerome Bruner, kecuali ....

A.    Simbolis

B.     Proaktif

C.     Enaktif

D.    Ikonik

Jawaban : B

10. Raffi sangat menyukai gurunya. Ketika gurunya memberikan contoh untuk tidak membuang sampah sembarangan, Raffi akan meniru gurunya untuk tidak membuang sampah sembarangan. Perilaku Raffi merupakan bentuk implikasi teori belajar ....

A.    Humanistik

B.     Kognitivisme

C.     Behaviorisme

D.    Sibernetik

Jawaban : C