1. Dalam proses belajar ganjaran atau penguatan mempunyai peranan yang amat penting. Ganjaran merupakan respon yang sifatnya menggembirakan sedangkan penguatan merupakan sesuatu yang mengakibatkan meningkatnya kemungkinan suatu respon. Pernyataan berikut merupakan teori belajar dari ....
A. Skinner
B. Vygotsky
C. Thorndike
D. Bandura
Jawaban
: A
2.
Dalam suatu proses pembelajaran, terdapat peserta didik yang tidak bisa
mengerjakan soal matematika. Kemudian gurunya, membantu dengan memberikan rumus
kepada peserta didik tersebut. Selang beberapa waktu, peserta didik tersebut bertanya
lagi karena kesusahan dalam menggunakan rumus yang diberikan gurunya. Kemudian
gurunya, memberikan contoh dengan menggunakan demonstrasi soal yang lain.
Peserta didik tersebut paham dan bisa mengerjakan soal matematika yang
diberikan. Langkah yang dilakukan oleh guru merupakan konsep teori belajar
menurut ....
A. Skinner
B. Vygotsky
C. Thorndike
D. Bandura
Jawaban
: B
3.
Berikut ini konsep teori belajar menurut Bandura, kecuali ....
A. Eciprocal determinism
B. Self-regulation/cognition
C. Beyond reinforcement
D. Zone of proximal development
Jawaban
: D
4.
Saat jam pelajaran akan selesai, Bu Nurul memberikan tugas kepada Hikmah berupa
mengerjakan latihan di LKS. Aksi yang dilakukan oleh Bu Nurul merupakan teori
belajar menurut ....
A. Skinner
B. Vygotsky
C. Thorndike
D. Bandura
Jawaban
: C
5.
Seorang individu akan menggunakan pengetahuan sikap dan pengalaman pribadi yang
telah dimiliki, untuk membantu memahami masalah atau materi baru melalui proses
mental. Pernyataan ini merupakan teori belajar ....
A. Sibernetik
B. Humanistik
C. Behoviorisme
D. Kognitivisme
Jawaban
: D
6.
Berikut ini merupakan tokoh teori belajar kognitif yaitu ....
A. Vygotsky,
Ausubel, Bandura
B. Ausubel,
Piaget, Bruner
C. Burner,
Ausubel, Thorndike
D. Vygotsky,
Van Hiele, Skinner
Jawaban
: B
7.
Pembelajaran yang bermakna mendorong peserta didik untuk lebih ....
A. Memahami
B. Mandiri
C. Menghargai
D. Terampil
Jawaban
: A
8.
Aurel sedang mendeskripsikan bangun datar persegi panjang. Dalam
mendeskripsikan persegi panjang Aurel menyebutkan bahwa “pada bangun datar segi
empat sisi-sisi yang berhadapan sejajar, dan sisi-sisi yang berhadapan itu sama
panjang”. Tahapan yang dilakukan Aurel merupakan tahap pemahaman geometri tahap
....
A. Visualisasi
B. Deskriptif
C. Deduksi
informal
D. Deduksi
Jawaban
: C
9.
Berikut ini merupakan tahap perkembangan kognitif menurut Jerome Bruner,
kecuali ....
A. Simbolis
B. Proaktif
C. Enaktif
D. Ikonik
Jawaban
: B
10.
Raffi sangat menyukai gurunya. Ketika gurunya memberikan contoh untuk tidak
membuang sampah sembarangan, Raffi akan meniru gurunya untuk tidak membuang
sampah sembarangan. Perilaku Raffi merupakan bentuk implikasi teori belajar ....
A. Humanistik
B. Kognitivisme
C. Behaviorisme
D. Sibernetik
Jawaban : C