1. Belajar pada hakikatnya merupakan proses pembentukan hubungan antara stimulus dan respon. Pernyataan tersebut merupakan teori belajar dari ....
A. Skinner
B. Ausubel
C. Thorndike
D. Bandura
Jawaban : C
2.
Bu Nurul akan menyampaikan materi baru dalam kelasnya. Sebelum memulai proses
belajar mengajar, Bu Nurul memastikan siswanya siap untuk mengikuti
pembelajaran yang akan disampaikannya dengan memberikan aktivitas yang menarik
perhatian siswanya agar dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar. Langkah yang
dilakukan Bu Nurul termasuk salah satu penerapan teori belajar ....
A. Brunner
B. Thorndike
C. Bandura
D. Skinner
Jawaban : B
3.
“Hebat Nak, tingkatkan prestasimu!”, kata Pak Romi, guru kelas III suatu
sekolah dasar. Penguatan positif Pak Romi disampaikan terhadap siswa yang
berprestasi. Tindakan Pak Romi sesuai teori belajar yang dikemukakan oleh ....
A. Bandura
B. Pavlov
C. Skinner
D. Thorndike
Jawaban : C
4.
Salah satu contoh kegiatan apersepsi dalam membuka pelajaran adalah ....
A. Mengucapkan
salam
B. Menanyakan
siswa yang tidak masuk
C. Mengingatkan
kembali materi sebelumnya yang terkait
D. Semua
jawaban benar
Jawaban : B
5.
Klarifikasi, meminta siswa memberikan alasan, meminta kesepakatan pandangan,
meminta ketepatan jawaban dan meminta jawaban yang lebih relevan adalah bagian
dari ....
A. Tujuan
guru memberikan pertanyaan
B. Komponen-komponen
memberi pertanyaan
C. Fungsi
guru memberi pertanyaan
D. Tehnik
pertanyaan pelacak yang dilakukan guru
Jawaban : D
6.
Berdasarkan Permendikbud No. 22 Tahun 2016, berikut ini termasuk prinsip
pembelajaran yang disarankan, kecuali ....
A. Siswa
belajar lebih dari satu sumber belajar
B. Pembelajaran
menuju keterampilan aplikatif
C. Penggunaan
ICT dalam proses pembelajaran
D. Pembelajaran
bertumpu pada budaya global
Jawaban : D
7.
Model pembelajaran berbasis proyek (project
based learning) memiliki karakteristik aktivitas yang berbeda dengan model
pembelajaran lainnya. Berikut ini pernyataan yang benar terkait aktivitas siswa
dalam model pembelajaran berbasis proyek adalah ....
A. Aktivitas
belajar menuntut keterampilan siswa yang multi aspek
B. Seluruh
aktivitas siswa dilakukan di luar kelas dalam dunia nyata
C. Aktivitas
siswa meliputi keterampilan statistika
D. Aktivitas
siswa meliputi belajar kelompok
Jawaban : A
8.
Strategi pembelajaran lebih luas daripada metode karena strategi ....
A. Terdiri
dari semua komponen materi pembelajaran
B. Meliputi
sifat, lingkup, dan urutan kegiatan
C. Merupakan
implementasi metode
D. Merupakan
jalan atau alat mencapai tujuan
Jawaban : B
9.
Salah satu pengalaman belajar berikut ini sesuai dengan penerapan pembelajaran
berbasis masalah adalah ....
A. Siswa
mendaftarkan dan mencoba berbagai cara menyelesaikan masalah
B. Siswa
berdiskusi dalam kelompoknya mengenai suatu masalah
C. Siswa
mempresentasikan hasil pekerjaan masing-masing
D. Siswa
mengumpulkan data lewat survei dan eksperimen
Jawaban : A
10.
Menurut Tomlinson (1999), prinsip pembelajaran berdiferensiasi adalah ....
A. Perbedaan
siswa dipelajari sebagai landasan perencanaan pembelajaran
B. Penilaian
dan pengajaran tidak terpisahkan
C. Memperhatikan
bentuk kecerdasan yang beragam
D. Beragam
profil belajar diperhatikan
Jawaban : B