banner here

Contoh Soal dan Jawaban SKB PPPK Part II

advertise here

1. Belajar pada hakikatnya merupakan proses pembentukan hubungan antara stimulus dan respon. Pernyataan tersebut merupakan teori belajar dari ....

A.    Skinner

B.     Ausubel

C.     Thorndike

D.    Bandura

Jawaban : C

2. Bu Nurul akan menyampaikan materi baru dalam kelasnya. Sebelum memulai proses belajar mengajar, Bu Nurul memastikan siswanya siap untuk mengikuti pembelajaran yang akan disampaikannya dengan memberikan aktivitas yang menarik perhatian siswanya agar dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar. Langkah yang dilakukan Bu Nurul termasuk salah satu penerapan teori belajar ....

A.    Brunner

B.     Thorndike

C.     Bandura

D.    Skinner

Jawaban : B

3. “Hebat Nak, tingkatkan prestasimu!”, kata Pak Romi, guru kelas III suatu sekolah dasar. Penguatan positif Pak Romi disampaikan terhadap siswa yang berprestasi. Tindakan Pak Romi sesuai teori belajar yang dikemukakan oleh ....

A.    Bandura

B.     Pavlov

C.     Skinner

D.    Thorndike

Jawaban : C

4. Salah satu contoh kegiatan apersepsi dalam membuka pelajaran adalah ....

A.    Mengucapkan salam

B.     Menanyakan siswa yang tidak masuk

C.     Mengingatkan kembali materi sebelumnya yang terkait

D.    Semua jawaban benar

Jawaban : B

5. Klarifikasi, meminta siswa memberikan alasan, meminta kesepakatan pandangan, meminta ketepatan jawaban dan meminta jawaban yang lebih relevan adalah bagian dari ....

A.    Tujuan guru memberikan pertanyaan

B.     Komponen-komponen memberi pertanyaan

C.     Fungsi guru memberi pertanyaan

D.    Tehnik pertanyaan pelacak yang dilakukan guru

Jawaban : D

6. Berdasarkan Permendikbud No. 22 Tahun 2016, berikut ini termasuk prinsip pembelajaran yang disarankan, kecuali ....

A.    Siswa belajar lebih dari satu sumber belajar

B.     Pembelajaran menuju keterampilan aplikatif

C.     Penggunaan ICT dalam proses pembelajaran

D.    Pembelajaran bertumpu pada budaya global

Jawaban : D

7. Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) memiliki karakteristik aktivitas yang berbeda dengan model pembelajaran lainnya. Berikut ini pernyataan yang benar terkait aktivitas siswa dalam model pembelajaran berbasis proyek adalah ....

A.    Aktivitas belajar menuntut keterampilan siswa yang multi aspek

B.     Seluruh aktivitas siswa dilakukan di luar kelas dalam dunia nyata

C.     Aktivitas siswa meliputi keterampilan statistika

D.    Aktivitas siswa meliputi belajar kelompok

Jawaban : A

8. Strategi pembelajaran lebih luas daripada metode karena strategi ....

A.    Terdiri dari semua komponen materi pembelajaran

B.     Meliputi sifat, lingkup, dan urutan kegiatan

C.     Merupakan implementasi metode

D.    Merupakan jalan atau alat mencapai tujuan

Jawaban : B

9. Salah satu pengalaman belajar berikut ini sesuai dengan penerapan pembelajaran berbasis masalah adalah ....

A.    Siswa mendaftarkan dan mencoba berbagai cara menyelesaikan masalah

B.     Siswa berdiskusi dalam kelompoknya mengenai suatu masalah

C.     Siswa mempresentasikan hasil pekerjaan masing-masing

D.    Siswa mengumpulkan data lewat survei dan eksperimen

Jawaban : A

10. Menurut Tomlinson (1999), prinsip pembelajaran berdiferensiasi adalah ....

A.    Perbedaan siswa dipelajari sebagai landasan perencanaan pembelajaran

B.     Penilaian dan pengajaran tidak terpisahkan

C.     Memperhatikan bentuk kecerdasan yang beragam

D.    Beragam profil belajar diperhatikan

Jawaban : B