1. Untuk membantu perkembangan siswa secara maksimal, guru dapat menggunakan strategi pembelajaran yang bersifat demokratis, salah satunya metode diskusi. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan diri siswa pada aspek ....
A. Fisik
B. Emosi
C. Sosial
D. Kepribadian
Jawaban : C
2.
Menurut Piaget, ciri-ciri perkembangan intelektual siswa yang ditandai dengan
kemampuan siswa dalam mengklasifikasikan objek pada tingkat dasar secara
tunggal dan mencolok adalah tahap ....
A. Sensori-motorik
B. Pra-operasional
C. Operasional
konkrit
D. Operasional
formal
Jawaban : B
3.
Dalam proses pembelajaran di kelas, seorang guru mengidentifikasikan kesiapan
siswa, seperti tidak mengantuk saat di kelas, tidak mengalami gangguan panca
indera, seperti mata dan telinga, tidak mudah lesu di kelas, dan siswa dalam
kondisi sehat. Kesiapan siswa dalam proses pembelajaran yang dimaksud adalah
....
A. Kesiapan
fisik
B. Kesiapan
psikis
C. Kesiapan
emosi
D. Kesiapan
kognisi
Jawaban : A
4.
Menurut konsep mastery leaning,
kesulitan belajar siswaditandai dengan ....
A. Siswa
mengabaikan dan lambat dalam melakukan aktivitas dan menyelesaikan tugas
belajar
B. Siswa
menunjukkan sikap yang kurang produktif dan kurang pantas
C. Siswa
menunjukkan tingkah laku yang tidak mendukung dan tidak wajar
D. Siswa
tidak dapat mencapai ukuran keberhasilan tingkat penguasaan minimal dalam
pelajaran tertentu, untuk periode pembelajaran tertentu
Jawaban : D
5.
Jika siswa terlihat bosan dan tidak antusias mengikuti pembelajaran, guru
sebaiknya melakukan hal-hal berikut, kecuali ....
A. Menggunakan
pembelajaran berbasis game
B. Menggunakan
pendekatan active learning
C. Melakukan
pembelajaran di luar ruangan
D. Menyarankan
siswa untuk menahan kebosanannya
Jawaban : D
6.
Alfi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas bersikap acuh tak acuh. Berikut
ini yang sebaiknya dilakukan guru Alfi adalah ....
A. Mengajak
diskusi Alfi secara personal untuk mencari solusi masalah
B. Mengelompokkan
Alfi dengan teman akrabnya
C. Memberikan
tugas sesuai kemampuan Alfi
D. Memberikan
kesempatan Alfi untuk menyelesaikan masalahnya
Jawaban : A
7.
Anggapan yang keliru atau miskonsepsi terkait siswa yang berbakat adalah ....
A. Siswa
yang berbakat berpikir lebih rasional
B. Bakat
dapat teraktualisasi, tetapi dapat juga mati
C. Siswa
yang berprestasi adalah siswa yang berbakat
D. Menilai
bakat siswa dapat menggunakan beragam penilaian
Jawaban : C
8.
Berikut ini adalah cara meningkatkan kemampuan siswa dalam hal kemampuan
penalaran dan berpikir ....
A. Memberikan
stimulan siswa dengan soal penalaran tinggi
B. Membiasakan
siswa dengan soal-soal yang mengasah keterampilan berhitung
C. Membiasakan
siswa untuk mengingat fakta
D. Membiasakan
siswa untuk menyelesaikan masalah secara prosedural
Jawaban : A
9.
Berikut ini merupakan cara yang dapat dilakukan guru untuk mencegah terjadinya
tindakan amoral di kalangan siswa SMP, kecuali
....
A. Guru
terus menumbuhkan self-efficacy siswa
B. Guru
menanamkan nilai-nilai keagamaan yang melarang tindakan amoral
C. Guru
memberikan penjelasan kepada siswa akibat tindakan amoral
D. Guru
menjelaskan dampak tindakan amoral bagi siswa, keluarga, dan masyarakat
Jawaban : A
10.
Dea memperoleh nilai yang rendah pada tes harian materi garis singgung
lingkaran. Guru matematika Dea menemukan bahwa Dea tidak tepat memodelkan
permasalahan dari gambar yang diberikan. Kesulitan belajar Dea adalah ....
A. Memory
B. Reasoning and logical thinking
C. Visual-spatial relationship
D. Executive functioning
Jawaban : C