banner here

Contoh Soal dan Jawaban SKB PPPK

advertise here

1. Untuk membantu perkembangan siswa secara maksimal, guru dapat menggunakan strategi pembelajaran yang bersifat demokratis, salah satunya metode diskusi. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan diri siswa pada aspek ....

A.    Fisik

B.     Emosi

C.     Sosial

D.    Kepribadian

Jawaban : C

2. Menurut Piaget, ciri-ciri perkembangan intelektual siswa yang ditandai dengan kemampuan siswa dalam mengklasifikasikan objek pada tingkat dasar secara tunggal dan mencolok adalah tahap ....

A.    Sensori-motorik

B.     Pra-operasional

C.     Operasional konkrit

D.    Operasional formal

Jawaban : B

3. Dalam proses pembelajaran di kelas, seorang guru mengidentifikasikan kesiapan siswa, seperti tidak mengantuk saat di kelas, tidak mengalami gangguan panca indera, seperti mata dan telinga, tidak mudah lesu di kelas, dan siswa dalam kondisi sehat. Kesiapan siswa dalam proses pembelajaran yang dimaksud adalah ....

A.    Kesiapan fisik

B.     Kesiapan psikis

C.     Kesiapan emosi

D.    Kesiapan kognisi

Jawaban : A

4. Menurut konsep mastery leaning, kesulitan belajar siswaditandai dengan ....

A.    Siswa mengabaikan dan lambat dalam melakukan aktivitas dan menyelesaikan tugas belajar

B.     Siswa menunjukkan sikap yang kurang produktif dan kurang pantas

C.     Siswa menunjukkan tingkah laku yang tidak mendukung dan tidak wajar

D.    Siswa tidak dapat mencapai ukuran keberhasilan tingkat penguasaan minimal dalam pelajaran tertentu, untuk periode pembelajaran tertentu

Jawaban : D

5. Jika siswa terlihat bosan dan tidak antusias mengikuti pembelajaran, guru sebaiknya melakukan hal-hal berikut, kecuali ....

A.    Menggunakan pembelajaran berbasis game

B.     Menggunakan pendekatan active learning

C.     Melakukan pembelajaran di luar ruangan

D.    Menyarankan siswa untuk menahan kebosanannya

Jawaban : D

6. Alfi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas bersikap acuh tak acuh. Berikut ini yang sebaiknya dilakukan guru Alfi adalah ....

A.    Mengajak diskusi Alfi secara personal untuk mencari solusi masalah

B.     Mengelompokkan Alfi dengan teman akrabnya

C.     Memberikan tugas sesuai kemampuan Alfi

D.    Memberikan kesempatan Alfi untuk menyelesaikan masalahnya

Jawaban : A

7. Anggapan yang keliru atau miskonsepsi terkait siswa yang berbakat adalah ....

A.    Siswa yang berbakat berpikir lebih rasional

B.     Bakat dapat teraktualisasi, tetapi dapat juga mati

C.     Siswa yang berprestasi adalah siswa yang berbakat

D.    Menilai bakat siswa dapat menggunakan beragam penilaian

Jawaban : C

8. Berikut ini adalah cara meningkatkan kemampuan siswa dalam hal kemampuan penalaran dan berpikir ....

A.    Memberikan stimulan siswa dengan soal penalaran tinggi

B.     Membiasakan siswa dengan soal-soal yang mengasah keterampilan berhitung

C.     Membiasakan siswa untuk mengingat fakta

D.    Membiasakan siswa untuk menyelesaikan masalah secara prosedural

Jawaban : A

9. Berikut ini merupakan cara yang dapat dilakukan guru untuk mencegah terjadinya tindakan amoral di kalangan siswa SMP, kecuali ....

A.    Guru terus menumbuhkan self-efficacy siswa

B.     Guru menanamkan nilai-nilai keagamaan yang melarang tindakan amoral

C.     Guru memberikan penjelasan kepada siswa akibat tindakan amoral

D.    Guru menjelaskan dampak tindakan amoral bagi siswa, keluarga, dan masyarakat

Jawaban : A

10. Dea memperoleh nilai yang rendah pada tes harian materi garis singgung lingkaran. Guru matematika Dea menemukan bahwa Dea tidak tepat memodelkan permasalahan dari gambar yang diberikan. Kesulitan belajar Dea adalah ....

A.    Memory

B.     Reasoning and logical thinking

C.     Visual-spatial relationship

D.    Executive functioning

Jawaban : C